Senin, 13 Maret 2017

Contoh RPP Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


A.  Identitas
Mata  Pelajaran           : BIPA
Topik                           : Transportasi
Alokasi Waktu            : 1 x 50 Menit
Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan          
Pengajar                      : Wahyuni

B.  Indikator
C Memberitahu jenis-jenis alat transportasi berdasarkan jenisnya.
C Memberikan pemahaman mengenai jenis alat tranportasi melalui tek bacaan.

C.  Tujuan Pembelajaran
C Siswa mampu mengetahui jenis-jenis alat transportasi berdasarkan jenisnya.
C Siswa mampu memahami jenis alat tranportasi melalui tek bacaan.

D.  Materi Pembelajaran
C Jenis-jenis alat transportasi berdasarkan jenisnya.

E.  Model Pembelajaran
C Guru dan murid saling tanya jawab dan berinteraksi
C Guru menjelaskan materi
C Menggunakan media gambar

F.   Strategi Pembelajaran
C Menerapkan strategi pembelajaran secara ekspositoris yaitu mengarah pada tersampaikannya materi pembelajaran dan siswa menerima apa yang diajarkan
C Menggunakan strategi eksperiensial yaitu pembelajaran yang lebih kepada pemakaian keterampilan dan partisipasi serta metode langsung
C Menggunakan strategi crosslingual yaitu sistem pembelajaran menggunakan dua bahasa, adanya perbandingan dan bahasa rujukan.
C Menggunakan strategi eksplisit yaitu pembelajaran atas dasar materi yang disengajakan dan menuntut pemecahan masalah

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
    Kegiatan Pendahuluan
C Guru membuka kelas dengan   memberikan salam atau sapaan.

C Guru meminta murid berdoa sesuai agama masing-masing.

C Guru menanyakan kabar murid dan saling bertanya jawab atau bercerita singkat. 

C Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
C Guru memperlihatkan gambar alat tranportasi.

GGuru menjelaskan tentang jenis-jenis alat transportasi berdasarkan jeninya.
C Guru meminta salah satu siswa untuk menjelaskan kembali jenis-jenis alat tranportasi berdasarkan jenisnya.

Guru menjelaskan kegunaan alat transportasi berdasarkan jenisnya.

30 menit
Kegiatan Penutup
C Guru  memberikan  kesimpulan materi.
C Guru memberikan apresiasi kepada siswa-siswa yang telah aktif dan melaksanakan tugasnya dengan baik.
C Guru memberikan nasihat atau pencerahan kepada para murid mengenai proses pembelajaran.
C Guru menyampaikan materi selanjutnya dan membaca doa penutup.
C Menutup kelas dengan mengucapkan salam atau kata ucapan lainnya.
10 menit
H.  Sumber Belajar
C Bahan ajar dalam bentuk powerpoint

I.  Media Pembelajaran
C Menggunakan laptop (infokus)
C Menggunakan papan tulis
C Menggunakan teks

J.    Penilaian
C Tes praktik ® Tes tulis keterampilan dan simulasi

C Format Penilaian

No
Nama Siswa
Indikator Penilaian
Nilai Akhir
Kesesuaian contoh Tiap Alat Transportasi
Praktik
Menyusun Paragraf Mengenai Alat Transportasi
Sesuai
Kurang
Tidak
Bagus
Tidak
Sesuai
Tidak
100
60-80
30
80
30-50
100
30-50



C Perhitungan Nilai Akhir
Kesesuaian + Praktik + Susunan
   3

Sumber: Wahyuni

1 komentar: