RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Mata
Pelajaran :
BIPA
Topik
:
Transportasi
Alokasi
Waktu : 1 x
50 Menit
Jumlah
Pertemuan : 1 x
Pertemuan
Pengajar
: Wahyuni
B. Indikator
C Memberitahu jenis-jenis alat transportasi berdasarkan
jenisnya.
C Memberikan pemahaman mengenai jenis alat tranportasi melalui
tek bacaan.
C. Tujuan Pembelajaran
C Siswa mampu mengetahui jenis-jenis alat transportasi
berdasarkan jenisnya.
C Siswa mampu memahami jenis alat tranportasi melalui tek
bacaan.
D. Materi Pembelajaran
C Jenis-jenis alat transportasi berdasarkan jenisnya.
E. Model Pembelajaran
C Guru dan murid saling tanya jawab dan berinteraksi
C Guru menjelaskan materi
C Menggunakan media gambar
F. Strategi Pembelajaran
C Menerapkan strategi pembelajaran secara ekspositoris yaitu
mengarah pada tersampaikannya materi pembelajaran dan siswa menerima apa yang
diajarkan
C Menggunakan strategi eksperiensial yaitu pembelajaran yang
lebih kepada pemakaian keterampilan dan partisipasi serta metode langsung
C Menggunakan strategi crosslingual yaitu sistem pembelajaran
menggunakan dua bahasa, adanya perbandingan dan bahasa rujukan.
C Menggunakan strategi eksplisit yaitu pembelajaran atas dasar
materi yang disengajakan dan menuntut pemecahan masalah
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
C Guru membuka kelas dengan memberikan salam
atau sapaan.
C Guru meminta murid berdoa sesuai agama masing-masing.
C Guru menanyakan kabar murid dan saling bertanya jawab atau
bercerita singkat.
C Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
C Guru memperlihatkan gambar alat tranportasi.
GGuru menjelaskan tentang jenis-jenis alat transportasi
berdasarkan jeninya.
C Guru meminta salah satu siswa untuk menjelaskan kembali
jenis-jenis alat tranportasi berdasarkan jenisnya.
Guru
menjelaskan kegunaan alat transportasi berdasarkan jenisnya.
|
30
menit
|
Kegiatan Penutup
|
C Guru memberikan kesimpulan materi.
C Guru memberikan apresiasi kepada siswa-siswa yang telah
aktif dan melaksanakan tugasnya dengan baik.
C Guru memberikan nasihat atau pencerahan kepada para murid
mengenai proses pembelajaran.
C Guru menyampaikan materi selanjutnya dan membaca doa
penutup.
C Menutup kelas dengan mengucapkan salam atau kata ucapan
lainnya.
|
10
menit
|
H. Sumber Belajar
C Bahan ajar dalam bentuk powerpoint
I. Media Pembelajaran
C Menggunakan laptop (infokus)
C Menggunakan papan tulis
C Menggunakan teks
J. Penilaian
C Tes
praktik ® Tes tulis keterampilan dan simulasi
C Format Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Indikator
Penilaian
|
Nilai
Akhir
|
||||||
Kesesuaian
contoh Tiap Alat Transportasi
|
Praktik
|
Menyusun
Paragraf Mengenai Alat Transportasi
|
|||||||
Sesuai
|
Kurang
|
Tidak
|
Bagus
|
Tidak
|
Sesuai
|
Tidak
|
|||
100
|
60-80
|
30
|
80
|
30-50
|
100
|
30-50
|
|||
|
C Perhitungan Nilai Akhir
Kesesuaian
+ Praktik + Susunan
3
Sumber: Wahyuni
Ini pembelajaran bipa tingkat berapa?
BalasHapus